kchmviewer

Well, seumur-umur EYD berkutat dengan OS Linux, belum pernah dan terpikirkan keberadaan satu program yang kecil namun berguna untuk membaca sebuah e-book. Selama ini baca e-book kalau gak format PDF ya paling HTML. Nah kebetulan EYD menemukan e-book tapi berformat .CHM (kalau di Windows ini mah gampang bacanya) tapi di lingkungan Linux ini ternyata secara default tidak ada viewer yang sanggup membacanya.

Mungkin sebagian bro sis sudah kenal atau malah belum pernah kenal sama sekali? Yo wis kita review format apaan sih .CHM ini?

Microsoft Compiled HTML Help adalah format proprietary untuk file bantuan online, yang dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali dirilis pada tahun 1997 sebagai successor untuk Microsoft WinHelp format. Format ini pertama kali diperkenalkan dengan peluncuran Windows 98. Hingga saat ini masih disupport dan didistribusikan melalui platform Windows XP dan Vista.

Bagi bro sis yang saat ini menggunakan desktop KDE di OS Linuxnya, monggo tinggal install aplikasi bernama KChmViewer ini untuk bisa membaca dokumen format .chm.

apt-get install kchmviewer

Note: untuk browser FireFox lebih mudah karena sudah ada addonnya, https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/chm-reader/

Categories: Komputer, Linux
Tags: ,

2 Responses so far.

  1. Adhitya Ramadian says:

    nice share bro..

  2. duniawawasan says:

    terima kasih gan infonya, sangat bermanfaat, ijin shared ya gan situs ane.

    http://duniawawasan.com/category/dunia-i-net/linux-dunia-i-net/

Leave a Reply