blog asset
pic: andhikawijayakurniawan.com

Well, masih seputar ramenya bahasan di blogsphere dunia roda dua tanah air tentang tersuspendnya blog Pertamax7 oleh WordPress :D Ternyata bukan satu dua kali ini saja blog otomotif di tanah air yang terkena suspend oleh WP, sudah ada beberapa yang pernah mengalaminya. Kalau sudah tersuspend gimana, yang pasti nyesek bakalan. Apa-apa yang sudah dikaryakan di internet (tulisan, red) hilang begitu saja, syukur-syukur suspendnya sementara, lah kalau berat dan permanent, yo alamat wassalam.

EYD tidak akan membahas langkah-langkah untuk unsuspendnya bagaimana karena sudah ada banyak panduan termasuk di dokumentasi resmi forum WordPress.com. EYD juga sudah pm ke Irfan coba memberikan langkah alternatif membangunkan kembali (restorasi) tulisan-tulisannya yang hilang.

Bagi bro sis semua gak pandang bulu baik yang baru memulai ngeblog terlebih-lebih bagi rekan blogger yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran *.wordpress.com. Apakah sudah pernah terpikirkan ribuan artikel yang ditelurkan selama ini sudah dimaintain/dibackup dengan baik ke tempat lain. Fyi, WordPress menyediakan fitur Export/Import yang berguna untuk keperluan itu, maka gunakanlah fitur tersebut untuk menjaga jika sewaktu-waktu hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Memang fitur export di WP free terbatas hanya untuk membackup semua postingan, tidak termasuk foto-foto. Namun setidaknya dengan dimaintainnya postingan ke dalam media backup lain ini lebih baik. Ibaratnya foto bisa diupload ulang, nah kalau tulisan apa mau mengarang ulang, basi kan :D

Sebagai gambaran lain, blog EYD sejutaumat.com ini tidak menggunakan wordpress.com yang free itu, namun install di hosting sendiri (wordpress.org). Nah karena sadar pentingnya aset tulisan EYD sudah lama membiasakan rutin melakukan backup seminggu bisa 1-2x ke komputer lokal. Enaknya karena keseluruhan data foto dan database tulisan artikel berada di akun hosting, maka data backupnya bisa full. Sewaktu-waktu ada masalah di server atau pindah server, proses migrasi lebih mudah dilakukan. Ya begitulah bedanya WordPress gratis dengan install sendiri di hosting.

Last, karya tulis kita di dunia internet blogsphere merupakan asset berharga kita yang perlu dijaga. Blog ibarat catatan dari rentetan pengalaman dan ilmu yang kita share ke orang lain. Blog juga yang membuat eksistensi tulisan kita di internet lebih dikenal dan menjaring lebih banyak tali silaturahim dengan pembaca, so kalau kejadian blog mati dan harus ulang dari awal sepertinya itu menyakitkan bro sis, tul gak :) Monggo yang mo nambahin masukan lain di kolom komentar.

Categories: Motor, Ngeblog
Tags: ,

8 Responses so far.

  1. yoo says:

    cuma mangap deh mas kalo blog se oke pertamax7 di suspend

  2. brigade jalan raya says:

    Buat mas ipan bikin juga alternatif dengan buat alamat baru alias bikin baru (pertamax7-2.wordpress.com) xixi

    Nanti di blog lama diatur supaya siapa saja yang klik blog lama akan menuju alamat baru. Oke kan :)

    Caranya kalau gak tau ya browsing dulu :)

    Blog dagelan hilang :( harus ada :)

  3. Yoshi says:

    Ini yang sering dilupakan blogger bro.
    Setiap hari berusaha cari ide untuk ditulis, tapi lupa membackup tulisan-tulisannya yang lama.

    BTW, Ini pake self hosting kan bro?
    Tapi kok saya bisa komen pake akun wordpress.com?
    Ada plugin khusus?

  4. Manstap gan, gimana ya tips agar selalu ada ide n semangat untuk nulis :D

Leave a Reply