speedometer new vixion

Well, kita lanjut mengulas bagaimana sih akurasi penunjukkan speedometer NVL yang sudah menganut type lebih modern dari versi lawas? Fyi, New Vixion menggunakan sensor kecepatan langsung dari mesin, tidak lagi konvensional dari poros roda. So pasti penasaran dunk gimana akurasinya? Cekidot dalam percobaan test yang EYD lakukan ternyata simpangannya gak jauh beda dengan rata-rata speedometer motor-motor yang ada di pasaran.

Dalam sesi test keakuratan ini, EYD ingin tahu bagaimana penunjukkan GPS saat angka di speedometer konstan di kecepatan 60kph, lalu bagaimana saat konstan di 80kph dan terakhir cukup test di kecepatan maksimal 100kph.

Hasilnya cukup lumayan menurut EYD pribadi, saat angka di speedometer konstan 60kph beberapa detik, EYD cek di GPS menunjuk angka 54kph. Lanjut ke pengetesan kecepatan 80kph pada speedometer, setelah dirasa cukup beberapa detik konstan 80kph, cek di GPS ternyata menunjukkan 73kph. Last coba lagi di kecepatan lebih tinggi 100kph di speedometer, ternyata di GPS menunjuk angka 93kph.

Kalau diperhatikan data tersebut, nampaknya semakin tinggi kecepatan ternyata simpangan speedometer terhadap GPS semakin kecil. Pada saat kecepatan 60kph simpangan lumayan besar 10%, dan saat kecepatan naik 80kph, simpangan mengecil menjadi 8.75% dan begitu seterusnya saat menggapai kecepatan 100kph, simpangan dengan GPS menyusut lagi menjadi 7%. Artinya bisa jadi disaat menggapai top speed 125kph, simpangannya bisa dibawah 5% dan ini sama dengan hampir mendekati GPS. Inikah salah satu keunggulan speedometer yang menggunakan sensor langsung dari mesin? Untuk lebih sahihnya coba nanti kita compare dengan hasil dari wak Haji yang akan menggunakan race logic.

akurasi gps new vixion

akurasi gps new vixion

akurasi gps new vixion

Catatan:
Aplikasi GPS yang EYD gunakan adalah sama dengan yang digunakan untuk mengukur akurasi speedometer NJMX beberapa waktu lalu, yakni Ulysse Speedometer di Samsung Galaxy Y.

27 Responses so far.

  1. brigade jalan raya says:

    Ternyata biasnya lumayan juga. Untung di bawah 10%… Kalau gak parah :(

  2. kukang says:

    7.5% wkkkkk

  3. Byson lebih akurat kalo gitu… xixixi
    tapi beda alat ga bisa langsung dbandingin

  4. tomy setiawan says:

    Makin tinggi kecepatan makin kecil simpangannya….
    Saat top speed 130 km/j katakanlan simpangan 4%…
    berarti speed realnya = 124 km/j….
    …lumayan jg nih….

  5. lovemybike says:

    sepertinya tipe yang simpangannya ga pake persen,,, tapi km/jam… selisihnya konstan di 6-7 km/jam terus… mirip2 sama koso :)

  6. lovemybike says:

    sebagai perbandingan, waktu ane test ride cb,,, di speedo 77 km/jam

    http://i45.tinypic.com/2daxamr.jpg

  7. pak tarno says:

    mantep, spido jadul biasanya makin cepat makin besar simpangannya, nah ini makin cepat makin akurat spidometernya :D unik memang si vixion ini, dan lumayan kencang

  8. pak tarno says:

    serius mas??? di spido 77kpj di GPS cuma 69? selisih 8kpj ya??
    wah besar juga simpangannya, sekitar 8kpj atau sekitar 10,1%
    gak akurat-akurat amat ternyata si cebe, nanti bisa malu tuh dikentutin ama barongsay :D

  9. Clurut says:

    lovemybike says:
    January 1, 2013 at 7:30 pm

    sepertinya tipe yang simpangannya ga pake persen,,, tapi km/jam… selisihnya konstan di 6-7 km/jam terus… mirip2 sama koso
    _________________________________

    Mungkin karena delay dari sinyal GPS HP ke satelit karena ini kan hanya GPS HP bukan GPS murni. sehingga selisihnya berdasarkan kecepatan antara 6 – 7 Km/J bukan %

  10. elthorian says:

    mas kalo alat ukur kecepatan pake snsor. brati vixion bisa test topspeed dengan standar tengah aja donk. lebih aman tuh

    • LunaticKnight says:

      kalo di tes lewat standar tengah ga akurat bro
      itu kan belom itung berat motor,gaya gesek ban ke aspal,dan banyak faktor lain

      kalo lewat standar tengah mah,si satria fu bisa 160
      waktu dites dijalan ,standar yah,dengan berat rider 80 kilogram
      cuma dapet 136km/jam
      itu pun lama dapetnya

  11. jnakawara says:

    semakin dipusingkan dengan akurasi spidometer…
    haduh jan…

  12. orabener says:

    masbro, itu hpnya ditaruh mana??

  13. devan says:

    kang bro, pny saya selisihnya cuma 4-5km/j pake garmin mobile XT d nokia C7

  14. tmcblong says:

    ane kapok pake ulysse kurang akirat bro… coba aplikasi android yg lain lbh mantap tuh

  15. mr happy says:

    pulsar lbh akurat :D

  16. Ok says:

    berarti 125 on speedometer NVL sama dengan 115 km/h real speednya.
    rasio sprocket gir dalam dan luar NVL sama dengan yang Old V-ixion.
    Bedanya NVL lebih cepat dapet top speed karena pembaharuan di sektor tenaga mesin.
    Kalau yang Old buat dapet 130 km/h on speedometernya aja susah banget paling sering dapet 120 km/h standar atau sama dengan 105 km/h real speednya.
    Old V-ixion top speed 130 km/h realnya 115 km/h.
    NVL top speed 125 km/h realnya 115 km/h.

  17. Ok says:

    Clurut says:
    JANUARY 2, 2013 AT 8:48 AM
    lovemybike says:
    January 1, 2013 at 7:30 pm

    sepertinya tipe yang simpangannya ga pake persen,,, tapi km/jam… selisihnya konstan di 6-7 km/jam terus… mirip2 sama koso
    _________________________________

    Mungkin karena delay dari sinyal GPS HP ke satelit karena ini kan hanya GPS HP bukan GPS murni. sehingga selisihnya berdasarkan kecepatan antara 6 – 7 Km/J bukan %
    ——————————————————————————————————————
    Setuju om.
    Kalau yang Old V-ixion selisih dari top speednya 15 km/h.
    Kalau yang NVL selisih dari top speednya 10 km/h.
    Kecepatannya sih sama aja 115 km/h juga beda di cepet atau tidaknya dapat top speednya aja.

  18. vixioner says:

    setau ane top speed nvl d standar tengah 132 kpj. mungkin kalau d jalan 120 lbh dkit. nggk bkal nyampek 130

Leave a Reply