Well, kemarin tanggal 11 Oktober 2012 secara resmi varian skutik entry level Honda yakni Beat Injeksi dilaunching. Perubahan desain yang kasat mata terlihat memang ukuran Beat Injeksi ini sedikit lebih besar dari versi karbu. Namun tetap kalau dilihat secara keseluruhan kesan mungil masih kental di motor ini. Lalu apa saja yang  baru dari Beat injeksi ini ketimbang versi sebelumnya?

Pertama sudah pasti sistem pengabutan bahan bakar kini sudah menggunakan teknologi injeksi seperti Spacy dan Vario 125. Dengan penerapan sistem injeksi ini AHM mengklaim konsumsi BBM Beat injeksi 30% lebih irit ketimbang versi karburator yakni 58km per 1 liter bensin dengan metode ECE R40 (EYD belum tau persis metode ini). Tidak terlalu kaget dengan pencapaian FC sebesar itu karena saat ini trend matic memang sudah mengarah ke skutik irit berkat penerapan teknologi injeksi.

Lalu fitur CBS yang dulu dibenamkan pada Vario series, diturunkan juga di motor ini, dan varian CBS adalah versi tertinggi dari Honda Beat Injeksi. Combi Brake System adalah fitur pengereman di skutik Honda dimana jika tuas rem belakang ditarik, maka otomatis mengoperasikan rem depan juga dengan komposisi 1,5 : 1.

Selanjutnya dari info yang didapat, kini bagasi Beat injeksi lebih luas sekitar 11,2 liter, ini imbas dari berpindahnya box filter udara menjadi di atas CVT. Dengan kapasitas sebesar itu sepertinya belum Helm-in, ya mungkin karena memang Beat ini identik dengan skutik mungil.

Last secara harga untuk Beat Injeksi ini ada kenaikan 250rb dibanding versi karbu, mirip-mirip dengan Spacy dulu waktu keluar versi injeksi harganya cuma beda 250rb. Untuk versi spoke wheel (jari-jari) dibanderol 12,1 juta, versi CW 12,9 juta dan terakhir  yang versi ultimate CBS13,5 juta. AHM terlihat pede mematok target penjualan skutik injeksi ini dengan angka 120rb per bulan. Wow hampir sama dengan pencapaian Beat Karburator saat ini. Menarik bagi EYD untuk mengamati data penjualan skutik injeksi ini apakah benar bisa mampu mencapai target sebesar itu dengan regulasi DP 25% yang ada saat ini. Dengan memasang target angka sebesar itu, kemungkinan memang Beat versi karburator sudah distop produksinya sekarang ini. Untuk realnya yuk kita pantengi sama-sama 4 bulan setelah masa peluncuran ini.

Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

4 Responses so far.

  1. Blue Moon says:

    ni sudah motor yang ku dambakan, akhirnya datang juga…

  2. rizky says:

    Not bad …..

  3. junpi3c3 says:

    klo dah kluar di showroom sekitar ane… ane lgsg beli tipe..cbs repsol..
    smoga makin memuaskan…

Leave a Reply