Well, menutup akhir liburan Lebaran ini bersama MX Strada EYD melakukan solo riding ke kota Cianjur. Berawal dari obrolan ringan Sabtu malam dengan tetangga yang biasa pulang pergi ke Bandung melewati jalur Jonggol – Cariu – Cianjur, EYD menanyakan perihal kondisi jalan apakah sudah bagus atau belum, dan menurutnya sekarang kondisi jalan disana sudah bagus dan mulai banyak rumah. Baguslah kalau begitu, maklum 4 tahun silam tepatnya tahun 2008 bersama old MX EYD pernah melewati jalur ini, wuih kondisi jalanannya menjelang Cianjur kondisinya rusak dan banyak lubang, old MX menjadi salah satu korban keganasan lubang di sepanjang jalan pas malam-malam melintasi daerah ini, hampir kecelakaan jika tidak menjaga keseimbangan kendaraan pada waktu itu.

Nah pagi ini walau agak kesiangan dari rencana semula, EYD mulai berangkat dari rumah sekitar pukul 06.30wib. Berjalan santai menelusuri Gunung Putri РWanaherang kemudian tembus jalan alternatif Cibubur (Transyogi) kondisi jalanan ramai lancar. Memasuki jalan raya Jonggol jalanan yang berkelok-kelok memacu EYD untuk melakukan rolling speed,  sepanjang jalan pemandangan sawah-sawah menjadi keindahan tersendiri melewati jalur ini.

 

Setibanya di Cariu MX Strada dipacu konstan 60 kpj hanya untuk menikmati solo riding ini sekalian memastikan kondisi jalan apakah benar-benar bagus. Dan benar saja kondisi jalan EYD perhatikan sudah bagus, namun tetap perlu berhati-hati karena masih banyak kondisi jalan yang tidak rata alias berlubang tak terlihat. Berkali-kali EYD melakukan riding gaya motocross setiap kejebak lubang yang tak keliatan ini hanya untuk menjaga kestabilan kendaraan.

 

Mendekati perbatasan Cariu – Cianjur yang menanjak, EYD perhatikan kondisi jalannya sudah baik, namun aspalnya tidak halus berpasir sehingga kalau musim hujan diyakini kondisi jalanan ini pasti agak licin. Overall untuk kondisi jalan kesemuannya EYD nilai baik dan layak untuk menjadi pilihan alternatif bagi yang yang ke Bandung karena bisa terbebas dari kemacetan/buka tutup kawasan Puncak.

 

Setelah tiba di kota Cianjur dan putar balik EYD coba mampir untuk menyicipi duren dari daerah ini. Puas rasanya riding kali ini ditemani 1 buah duren ukuran sedang, sambil menikmati duren EYD pun ngobrol-ngobrol dengan penjual duren, salah satu obrolan yang EYD garis bawahi, bahwa menurut penjual duren daerah sini masih belum terbebas dari aksi begal kendaraan di malam hari. Namun sekarang tidak lagi menyerang motor, melainkan truk dan mobil Avanza. Wew.. EYD baru tau fenomena ini, dan menurutnya aksi begal ini sering terjadi di atas jam 3 pagi menjelang Subuh.

 

So pesan EYD bagi yang ingin berkendara melewati jalur ini di malam hari,  berhati-hatilah pertama dengan lubang-lubang yang tak tampak, dan kedua dengan kemungkinan bertemu dengan gerombolan yang sering membegal di kawasan ini, kalau bisa beriringan ramai 2-3 motor lah dan jangan terlalu larut melewati daerah sini, maklum kondisi jalan sangat minim dari penerangan jalan, hanya mengandalkan lampu rumah-rumah.

Monggo dikomentari dan semoga berguna.

13 Responses so far.

  1. rasyiid says:

    whuahh….durenne bikin ngileeeeer……

  2. Arif says:

    Wewwww, sama kayak d tempatq ban, masih musim begal.. :(
    Apalagi wktu mnjlang lebaran kmaren, bnyak trjadi begalan d tempatq bang… :(

  3. mazhar says:

    daerahnya sih terlihat pemandangan indah tapi kok yo ngeri juga yaa…

  4. gome says:

    Om , mau tanya , itu box givi pake breket givi juga atau pake punya merek lain ???

  5. fresh82 says:

    waaaaah keren view pemandangannya menggoda sekali,,,,

  6. Nino says:

    ane ngakak baca yg ini >> Berkali-kali EYD melakukan riding gaya motocross setiap kejebak lubang..

    mirip gaya ane pagi tadi sewaktu brangkat ngantor saat melibas lubang per lubang yg tak terliat dijalan sambil adu adrenalin diatas NJMX Putih ane featuring Satria FU 150 milik orang lain sejauh 36km..

    btw ane mau nanya helm yg ada difoto itu helm apaan yah bro?? belinya dimana??

  7. opal32 says:

    mantab sekarang ya tapi sudah jarang lewat. dulu kalau minggu sering ke daerah jonggol cariu untuk nikmati sensasi tikungan “S”

  8. wawi says:

    Nimbrung broo..jalur jonggol cariu sekarang berlubang karena minggu2 ini curah hujan yg tinggi..hati2 yg mlwti jalur trsbut..tapi tentang begal ..rasanya sudah kurag tepat karena, kini jalur jonggol cariu sampai cianjur relatif aman di malam hari…karena ramai kendaraan..malah pencurian atau perampokan (pernah sekali) dilakukan siang hari seperti di kota.

  9. Marwan Sulaeman says:

    Jonggol-Cariu sudah aman mas brooowww….

  10. Zupr says:

    Semua informasi yang berguna bagi calon ridinger yang akan melewati jalur jonggol – cariu

  11. Rohmat D. Prasetyo says:

    Originally Posted By Marwan SulaemanJonggol-Cariu sudah aman mas brooowww….

    beneran mas?sya rencananya pengen lewat sana ke jogja tp mgkn dinihari..hehehe..ga papa/aman ya mas..?

Leave a Reply