Catatan bersama MX Strada, melintasi keberagaman sejuta umat

Catatan Setahun Pemakaian New Jupiter MX


Tak terasa umur MX Strada sudah memasuki usia setahun EYD masa pemakaian. Nah EYD coba ingin review dan share pengalaman selama 1 tahun menunggangi New Jupiter MX keluaran tahun 2011 ini.

Dari sisi dapur pacu tidak ada keluhan berarti, suara mesin masih halus dan tarikan serta putaran atas masih mengisi. Hanya saja EYD lihat 3 bulan terakhir di bagian tutup oli atas, didapati rembesan oli, mungkin sil atau tutup olinya perlu diganti sekalian. Busi sudah pernah diganti sekali, untuk top speed EYD tidak pernah lebih dari 100 kpj, bukan karena tidak bisa lebih, tapi karena kontrol dari diri pribadi EYD agar mesin tetep halus so, bejek motor jangan terlalu teriak RPMnya.

Untuk komponen fast moving yang pernah diganti, EYD catat yang pertama adalah kanvas cakram belakang yang sudah 3x ganti dalam setahun ini. EYD nilai ini agak boros ya. Masih penasaran hingga sekarang kenapa kanvas rem belakang cepet banget habisnya, padahal porsi pengereman sudah ideal 60% depan 40% belakang.

Untuk kaki-kaki, tercatat untuk ban belakang sudah 3x bocor, ban dalam pernah ganti sekali. Dengan kilometer sudah mencapai 26.000an tampaknya liner ban belakang sudah tipis. Mungkin tinggal berumur cukup untuk 1 bulan lagi, ada rencana bulan depan mau ganti menggunakan ban CORSA S123 110/70-17 tubless, 1 level lebih lebar dari bawaan standar yang 100/70-17. Sedangkan untuk ban depan terlihat linernya masih tebal, estimasi EYD mungkin masih bisa dipakai untuk setahun lagi. Dan salutnya ban depan belum pernah kena paku alias bocor :D

Selama 1 tahun pemakaian ini belum pernah ganti oli merk lain, masih setia menggunakan Yamalube Sport, toh balik lagi ke fungsi bahwa MX Strada ini digunakan sebagai motor harian. EYD nilai oli Yamalube Sport masih cukup baik, terbukti engine tidak pernah kepanasan dan jarang selip kopling.

Untuk rantai alhamdulillah memasuki usia setahun ini masih layak pakai, tidak ada gejala berisik, berbeda dengan pemakaian di Jupiter MX lama EYD dulu tahun 2006, setahun langsung keluar tuh suara berisik khas rantai kendor. Untuk ini EYD nilai Good untuk rantai New Jupiter MX.

Berikutnya untuk sok belakang juga masih smooth dan belum ada gejala-gejala bunyi. Walau sering melewati polisi tidur monoshock MX tetap silent. Begitu juga dengan wilayah body khususnya batok kepala dan bagian belakang tidak ada gejala getar aka bunyi. Memang diakui untuk urusan body, Yamaha punya nilai lebih ketimbang lainnya.

Aksesoris pendukung bagasi yakni Box Givi E33 beserta seperangkat alat sholat / braket masih kokoh setia menemani hampir 1 tahun seumuran dengan motor MXnya sendiri. Gak sia-sia dulu memilih tempat yang tepat untuk pemasangan braket cetakan sendiri, dan romannya box Givi ini akan menjadi aksesoris tetap bagi tunggangan MX Strada.

Last yang paling penting bagiĀ  EYD alhamdulillah dalam setahun ini EYD berhasil menerapkan safety riding with New Jupiter MX. Belum pernah MX Strada ini mencium aspal maupun menabrak. EYD sudah tahu betul batas kemampuan handling dan performance dari New Jupiter MX, jadi dalam berkendara di jalan raya tidak perlu kebut-kebutan tidak menentu. Ini saja yang ingin EYD share selama setahun memakai sepeda motor New Jupiter MX. Overall EYD sangat puas dengan produk Yamaha satu ini dan akan tetap dipakai dalam jangka waktu lama menemani aktivitas harian EYD. Keep safety riding.


9 Comments

  1. ryo's Gravatar ryo
    February 22, 2012    

    sekali”di tes lah top speed puncaknya berapa… :)

    • EYD's Gravatar EYD
      February 22, 2012    

      @ryo
      kesian motor harian, nunggu ada yang ngajakin ke Sentul bareng aja, ganti oli sintetis + minum pertamax, baru deh berani geber sampai ambang limiter :D

  2. February 22, 2012    

    sudah 26000 km ya :?:
    saya baru 8828 km dalam waktu 16 bulan lengkapnya bisa diliat di
    http://nanared.wordpress.com/2012/02/22/16-bulan-bersama-si-marun-nmp-2010/

    • EYD's Gravatar EYD
      February 22, 2012    

      yup 26000 dalam 12 bulan, jarak tempuh yang cukup fantastis memang, maklumi saja motor ini seharian selalu menempuh PP 100km, silahken aja dikali 25 hari kerja dalam sebulan :D

  3. saladin's Gravatar saladin
    February 22, 2012    

    Bang,..MX gwe warna merah marub beli bulan agustus mpe sekarang brarti udah 7 bulanan KM baru 2700,..hehehe maklum cuman buat brangkat kuliah,…semuanya masih bagus,.tapi pas itu pernah ganti handle rem ama kopling variasi tapi batok kepalanya jadi gag kenceng,.RPM tinggi bergetar,.trz shockbeker depan kalo kena lubang da suara jedud gitu,.itu knapa ya bang?

  4. Virua's Gravatar Virua
    March 5, 2012    

    @saladin – pasti karena shock depan diturunkan, mentok tuh waktu shock bekerja, sil shock ny kena segitiga bawah

  5. Well Wellonk's Gravatar Well Wellonk
    June 9, 2012    

    padahal kalo shock depan diturunin.. jadinya makin cakep… tapi beresiko bocor gitu ya…

  6. Herdie Palembang's Gravatar Herdie Palembang
    July 9, 2012    

    njmx ku udh 14 bulan, oli mesin yamalube sport gak nyampe 1.500 km udh ganti, busi udh ganti 2 kali yg prtama NGK/CPR8EA-9, yg ke dua DENSO/U24EPR-9, udh tambah air yamaha coolant, ban udh aku ganti pas 13 bulan, ban depan mizzle ftr M700 ukuran 80/90, ban belakang Fdr genzi 100/80.top speed waktu ban masih standar smua sampe 115(msh nyantai),trus wktu udh ganti ban 105 (msh nyantai)untuk rantai aku pake pelumas rantai trus.dan pas 14 bulan ini udh mencapai di 7.735 km. mnurut abang gimana?

  7. hendra's Gravatar hendra
    October 17, 2012    

    Sedikit kasih comment buat yg punya motor new jupiter mx, kebetulan sy baru beli NJMX, pas servis pertama + ganti oli, dealernya kok ngash oli yamalube sport 4T SAE 10W-40, padhl menurut buku petunjknya seharusnya SAE 20W-50. Kebetulan di tempt kerja sy ada mini lab untuk pengecekan kualitas oli pelumas, sekalian sy tes aja oli sisanya tersebut dgn alat yg ada dilabor. Dan sy bandingkan dgn oli merk pertamina yg katanya lebh bgus, yaitu oli enduro 4T, kebetuln yg ada jualnya cumn oli ini, setelah sy bandingkan hasil uji lab nya, ternyata oli pertamina memang bgus kualitasnya. Standar yg dipakai yaitu ASTM D445, dan ASTM E2412. Oli pertamina tingkat cleaness lebh bersh dari oli yamalube sport. Dan TBN, tingkat oxidasi, kadar airnya jg lebih bgus hasilnya. Untk oli enduro 4T racing lain x akan sy coba tes jg kualitasnya apakah memang bagus hasilnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



Site Meter
umat sejak 09/08/2011
Thx bro sis

YM!  

Personal Blogs
top sites

Masukkan alamat email untuk mendapatkan notifikasi update artikel terbaru.

Join 118 other subscribers

Who's Online

  • 0 Members.
  • 9 Guests.

Categories

Top 10 Komentator

PARTNERSHIP







Jaket Motor